Lambang-tanah-laut.jpgLambang berbentuk perisai mengandung pengertian kekuatan mempertahankan daerah ini dari serangan musuh yang ingin mengganggu ketentraman

Warna coklat dan biru pada bagian atas lambang dengan tulisan tanah laut melambangkan cakupan wilayah kabupaten tanah laut meliputi wilayah daratan dan lautan.

Warna hijau dan kuning pada tubuh lambang, melambangkan kabupaten tanah laut memiliki kesuburan alam dan kekayaan bahan tambang.

Garis miring hitam yang membelah pinang pada pertengahan lambang menunjukan arah angin, yaitu tenggara dan barat laut yang memiliki pengertian bahwa tanah laut mengalami dua musim yakni, musim kemarau dan musim hujan, disamping merupakan garis pertautan abadi antara hasil tambang dengan kesuburan alamnya.

Belanga yang berada ditengah lambang adalah pedaringan atau tempat beras, yang melambangkan kekayaan alam tanah laut yang disimpan di dalam belanga untuk lebih dimanfaatkan bagi sebesar-besarnya, kemakmuran daerah.

Bintang bersudut lima berada diatas belanga melambangkan pancasila, disamping juga melambangkan jumlah kecamatan pada awal pembentukan kabupaten tanah laut yang berjumlah lima kecamatan.

Setangkai padi dan seikat purun didalam lengkungan belanga melambangkan kemakmuran dan persatuan daerah tanah laut, yang juga merupakan salah satu hasil daerah yang berbentuk anyaman.

Perahu layar dan laut melambangkan bahwa tanah laut merupakan daerah nelayan yang kaya dengan hasil laut selain itu lambang ini juga memiliki pengertian ketabahan dalam menghadapi rintangan.

radio

Login Form

Visitors Counter

101705
TodayToday598
YesterdayYesterday1080
This_WeekThis_Week5287
This_MonthThis_Month10948
All_DaysAll_Days101705
54.87.136.181

We have 17 guests and no members online